Menanam Pohon Pisang Agar Cepat Berbuah Gorontalo Utara

 

Menanam-Pohon-Pisang

https://pocketexplorers.com

Menanam Pohon Pisang Memang Banyak Caranya, Akan Tetapi Agar Cepat Berbuah Ada Langkah Tertentu, Penasaran? Cek Artikel Kami

Hallo sahabat,selamat singgah lagi di Chanel SuksesPedia
Mau tau caranya sehingga tanaman pohon pisang cepat berbuah sahabat? Ada 5 langkah, menanam pohon pisang sehingga cepat berbuah,
Dalam melakukan budidaya terhadap tanaman pisang (Musa sp.), tentunya menghendaki pohon agar cepat berbuah. Lalu bagaimana caranya ?
Dan inilah, 5 Langkah Menanam Pohon Pisang sehingga cepat berbuah versi dari Sukses Pedia

Pembibitan dari Tunas Pisang

Hal yang kudu dikerjakan dan diperhatikan yaitu:
a. Pilihlah tunas bersama tinggi 1-1.5 meter dan lebar umbi 15-20 cm.
b. Ada 2 jenis tunas atau anakan yaitu:
Anakan dewasa: lebih masak dan mempunyai calon bunga dan persediaan makanan yang ada didalam batang.
Anakan muda: masih berwujud tombak dan daun masih seperti pedang.
c. Bibit pisang dapat diperoleh bersama cara membeli atau dari kebun sendiri.
d. Bibit ditanam bersama dengan jarak 2×2 m.
e. Biarkan kira-kira 7-9 buah tunas pada pohon induk.

Pencegahan Hama

Pencegahan dan pengendalian pada hama dan penyakit, sanggup ditunaikan bersama langkah sebagai berikut:
Memotong dan bersihkan tunas berasal dari tanah,
Menyimpan bibit sepanjang 1-2 hari hingga potongan umbi pisang mengering, dan
Membuang daun-daun lebar terhadap batang tanaman.
Selain itu, hama yang menyerang sanggup terhitung dikendalikan bersama rendaman insektisida 5-1% (selama 10 menit) atau air bersih yang mengalir (selama 48 jam), lalu keringkan bibit.

Media Tanam

Tanah yang berhumus, memiliki kadar kapur dan garam sekitar 0.07%, tanah yang berat dan sudah dipupuk, serta tanah yang mudah menyerap air.
Ketersediaan sumber air untuk menumbuhkan tanaman pisang secara intensif.
Jika tanaman pisang ditanam terhadap tanah yang basah, maka untuk menanam dibutuhkan ketinggian air kurang lebih 5-200 cm.

Pengolahan Media Tanam Pisang

Setelah syarat media tanam terpenuhi, maka selanjutnya pengolahan sarana tanam yang baik, diantaranya yaitu:
Saat membuka lahan, memperhitungkan iklim, ekonomi, keamanan, serta letak pasar untuk pengolahan hasil pisang nantinya.
Pastikan, lahan udah bersih dari hama dan penyakit sehingga proses perkembangan tanaman pisang senantiasa maksimal.
Agar berlangsung sistem pertukaran hawa maka tanah mesti dilakukan sistem penggeburan.
Untuk mengontrol aliran air ke pertanaman pisang, maka bisa dibikin saluran irigasi. Apabila situasi tanah datar, saluran irigasi dibikin dengan kemiringan kecil.
Apabila keadaan tanah miring, maka tanah dibikin teras. Selain itu, untuk menjauhkan erosi, maka bisa ditanam tanaman layaknya lamtoro.

Teknik Menanam Pisang

Teknik yang ditunaikan untuk usia tanaman pisang pada 3 bulan pertama, diantaranya yaitu:
1. Jarak antar tanaman yang cukup lebar.
2. Pola tanaman tumpang sari.
3. Ukuran lubang tanam dan kerapatannya untuk golongan:
Tanah berat: 50x50x50 cm dan 3.3 x 3.3 cm.
Tanah gembur: 30x30x30 cm dan 3 x 3 cm.
4. Jika pisang ditanam menjelang musim penghujan, maka tehnik yang mampu dikerjakan sehingga pohon membuahkan buah yang lebih baik yakni sebelum lubang ditanam bibit pisang, mampu ditambahkan pupuk organik sebanyak 15-20 kg.
5. Teknik Pemeliharaan Tanaman Pisang

Agar Berbuah

Agar pohon pisang cepat berbuah, tehnik pemeliharaan yang sanggup dilaksanakan yaitu:
Setiap rumpun, sebaiknya dilakukan pemotongan sehingga cuma terdiri atas 3-4 batang.
Pembersihan pada rumput liar, daun-daun kecil, maupun pencegahan dan pengendalian terhadap hama dan penyakit mampu dikerjakan dengan penyiangan, layaknya penggemburan tanah. Selain itu, untuk pengendalian hama dan penyakit dapat terhitung pakai insektisida seperti Malathion dan Pestona.
Penyiraman pada tanaman, atau bersama langkah membuat parit memuat air di kira-kira tanaman pisang. Tujuannya sehingga tanaman tumbuh subur dan menghasilkan buah pisang yang baik dan banyak.

Cara Menanam Pisang Agar Berbuah Lebat Dan Menguntungkan

Berbagai macam buah beri tambahan banyak sekali manfaat untuk tubuh. Mengkonsumsi buah tiap-tiap hari sangatlah baik, gara-gara kadar nilai gizi yang besar membawa dampak tubuh selalu tetap sehat.
Buah pisang merupakan buah yang kaya dapat takaran vitamin, kalsium protein, mineral, lemak, maupun zat besi. Selain itu kadar asam triptophan yang tinggi terlampau efisien untuk meredakan gejala stress.
Banyaknya faedah dan keuntungan yang bisa diperoleh terhadap buah pisang membuat mengkonsumsi buah pisang tambah hari semakin meningkat. Selain itu aspek harga yang relatif stabil di pasaran memicu banyak petani pas ini yang berubah untuk tanam pisang.
Sayangnya, minat petani yang tinggi tidak mendapat dukungan bersama dengan kapabilitas pengelolaan yang baik juga, supaya mengolah dan produktifitasnya condong tidak meningkat.

Kendala Teknis

Banyaknya rintangan teknis saat budidaya pisang, layaknya bermacam serangan penyakit menyebabkan petani gagal panen dan rugi. Dari masalah diatas, membuat kami tergerak untuk beri tambahan solusi didalam budidaya pisang yang mampu dipastikan selalu sukses sampai kala ini.
Melalui wejangan ini, kami dapat menambahkan langkah menanam pisang sehingga berbuah lebat dan menguntungkan.
Untuk beroleh hasil yang menguntungkan dalam budidaya pisang, maka berikut ini yang mesti dulur-dulur perhatikan:

Cara Menanam Pisang Yang Baik dimulai Dengan Bibit Pisang Yang Baik

Dulur-dulur tentu setuju, bahwa cara menanam pisang yang baik di awali berasal dari bibit pisang yang baik. Maka berasal dari itu udah kami memberikan cara memilih bibit pisang yang baik.

Berikut kami berikan ciri-ciri bibit pisang yang baik dalam budidaya pisang :

• Pilihlah bibit pisang yang sehat bersama tinggi 1-1,5 meter dan diameter sekitar 15-20 cm.
• Bibit pisang yang berasal dari indukan yang memiliki kwalitas baik, sehat dan produksi buah tinggi.
• Dalam pembibitan pisang dikenal dengan anakan muda dan anakan dewasa. Maka sebaiknya Anda memilih bibit pisang yang memakai anakan dewasa, sebab biasanya udah mempunyai akan bunga dan cadangan makanan dalam bonggol pisang.
Silakan Anda memilih bibit pisang sesuai bersama ciri-ciri yang kita rekomendasikan, karena bibit pisang yang sehat dapat pengaruhi kuantitas sisir di dalam tandan pohonnya.

Perendaman Bibit Pisang

Setelah Anda medapatkan bibit pisang yang cocok dengan yang kami rekomendasikan, maka lakukan perendaman bibit pisang dengan mengfungsikan pupuk pisang organik yaitu pupuk organik cair GDM Spesialis buah – buahan sepanjang 2-3 jam.
Dengan mengfungsikan pupuk pisang organik yakni pupuk organik cair GDM spesialis buah – buahan, maka penyakit tular bibit mampu dicegah oleh bakteri GDM sejak awal dan perkembangan tanaman dapat lebih cepat.

Hal ini gara-gara hormon yang dihasilkan oleh bakteri GDM akan bekerja mempercepat perkembangan tanaman sehingga tanaman bakal tumbuh sehat dan cepat.

Persiapan Lahan Budidaya Pisang

Setelah dulur-dulur mendapatkan bibit pisang yang baik, maka langkah setelah itu yakni dulur-dulur mesti menyiapkan lahan untuk budidaya pisang.
Dalam mempersiapkan lahan untuk budidaya pisang, dulur-dulur harus laksanakan kegiatan selanjutnya ini :
• Bersihkan gulma terhadap lahan pisang supaya tidak mengganggu perkembangan tanaman pisang.
• Bajak atau cangkul lahan supaya tercipta suasana fasilitas perakaran yang bisa membantu pertumbuhan tanaman secara optimal dan pertumbuhan mikroorganisme tanah.
• Berikan pupuk pisang bersama manaburkan pupuk kandang.
• Buat lubang tanam bersama ukuran 30x30x40 cm dan atur jarak tanam antar tanaman supaya tidak benar-benar rapat, yaitu sekitar 3×3 m. Dengan jarak tanam pisang yang ideal akan memaksimalkan penyerapan nutrisi yang diberikan.
• Buat saluran drainase disekitar lubang tanam agar selagi hujan lahan tidak tergenang air.

Tambahan

Sebagai tambahan, agar budidaya pisang jadi berbuah lebat dan menguntungkan. Dulur-dulur bisa memberi tambahan dengan GDM Black Bos untuk mempercepat sistem pengomposan dalam tanah, membunuh jamur dan bakteri pathogen dan mempercepat menggemburkan tanah, lantas diamkan sepanjang 1 minggu.
Bakteri didalam GDM Black Bos sanggup mempercepat sistem fermentasi didalam tanah, supaya sistem pengomposan didalam tanah akan lebih cepat.
Selain itu bakteri GDM Black Bos bisa membuahkan antibiotik alami supaya bakteri dan jamur pathogen dapat langsung dihilangkan dan beberapa enzim yang dihasilkan bakteri GDM Black Bos bisa mendegradasi residu kimia yang tertinggal dalam tanah sehingga tanah menjadi sehat, subur dan gembur.

Lakukan Pindah Tanam Pisang

Proses rubah tanam sebaiknya dilaksanakan terhadap pas awal musim hujan, supaya bibit pisang yang ditanam tercukupi pasokan airnya. Dengan begitu tanaman pisang lebih cepat pertumbuhannya dan kurangi tingkat stress air.

Pemeliharaan Sangat Perlu Dalam Budidaya Pisang

Cara menanam pisang agar tumbuh sehat dan panen maksimal sangatlah mudah, asal dulur-dulur sanggup mencukupi seluruh syarat yang sudah kita sebutkan diatas. Pemeliharaan pada saat budidaya pisang mesti dilakukan hingga waktu panen tiba.

Kecukupan nutrisi, kebersihan lahan dari gulma, ketercukupan air sampai antisipasi awal serangan hama dan penyakit merupakan hal-hal yang mesti dulur-dulur perhatikan tiap tiap saat.
Agar perkembangan pohon pisang lebih cepat dan berbuah maksimal salah satunya yang harus dikerjakan adalah bersama memanfaatkan Pupuk pisang Organik Cair GDM Spesialis Buah-buahan. Anda mampu memasukan pupuk pisang organik GDM setelah tanaman pisang sudah ganti tanam.

Memaksimalkan

Saat usia pisang di bawah 3 bulan, semprot pohon pisang setiap 1 minggu sekali bersama dengan memakai POC GDM yang mempunyai tujuan menopang mencukupi kebutuhan nutrisi didalam budidaya pisang.
Setelah umur tanaman pisang 3 bulan ke atas, maka dulur-dulur dapat manfaatkan pupuk pisang organik GDM spesialis buah-buahan bersama dengan langkah dikocorkan.
Untuk memaksimalkan ukuran dan jumlah buah pisang agar berbuah banyak dan besar, maka mesti dilakukan perihal berikut:
• Setelah pohon pisang berbuah dan tandan pisang udah terbentuk sekitar 5-7 sisir, segera lakukan pemotongan pada jantung/bunga pisang.
• Selanjutnya, semprot dengan POC GDM supaya tidak enteng di serang penyakit.
• Setelah itu bungkus bersama dengan kertas/plastik/karung.
• Pada perakaran memberikan pupuk yang mengandung kalium tinggi dan kocor dengan POC GDM tiap tiap 2 minggu sekali.

Cara Panen Pisang

Buah pisang sanggup dipanen kebanyakan pada usia 1 tahun (hal ini tergantung berasal dari jenis dan varietas pohon pisang yang ditanam).
Ciri-ciri buah pisang yang siap panen adalah :
1. Ditandai bersama terasa mengeringnya daun bendera.
2. Pada buah yang tua bakal punyai sudut tumpul dan membulat.
3. Mudah patah terhadap bekas putik bunga.
4. Mudah rebah terhadap kebanyakan pelepah.
5. Warna kulit buah nampak lebih cerah.
Dan itulah tadi, 5 cara menanam pohon pisang sehingga cepat berbuah.
Bagaimana kawan baik tertarik mencobanya ?
Share pendapat menarik kalian di kolom komentar ya

Artikel ini Bersumber dari Google.com